Perusahaan 2018-10-26T14:21:14+00:00

PT ALAM BUKIT TIGAPULUH.

   PT Alam Bukit Tigapuluh telah memperoleh Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan  Ecosystem (IUPHHK-RE) berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor: 7/1 / IUPHHK- RE / PMDN / 2015 tanggal 24 Juli 2015 bertempat di Kabupaten Tebo Propinsi Jambi.

   Kawasan hutan areal konsesi PT ABT seluas 38.655 hektar PT ABT di Kabupaten Tebo adalah jenis hutan hujan tropis dataran rendah dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sehingga penting untuk menjaga keberlanjutannya. Beberapa hewan endemik Sumatera menjadi perhatian masyarakat luas yang tinggal di konsesi PT ABT seperti harimau (Phantera tigris sumatrae), gajah (Elephas maximus sumatranus), dan tapir (Tapirus indicus). PT ABT juga mendukung areal konsesinya sebagai habitat kedua atau daerah reintroduksi orangutan sumatera (Pongo abelii), yang telah berjalan lebih dari 16 tahun. Pentingnya kawasan ini adalah pertimbangan untuk mempertahankan keterwakilan dan keberlanjutannya.

   Dalam konteks pengelolaan lanskap, area kerja PT ABT merupakan bagian penting ekosistem Bukit Tigapuluh dan merupakan zona penyangga Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Kondisi wilayah kerja perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh dinamika kegiatan masyarakat setempat, namun juga sejarah pengelolaan hutan sebelumnya. Areal kerja PT ABT adalah bekas IUPHHK-HA / HPH dari PT DALEK HUTANI ESA, yang berakhir pada tahun 2003. Lokasi ini merupakan satu-satunya ekosistem hutan alami dari produksi penyangga yang tersisa di bagian utara Bukit Tigapuluh. daerah yang tidak luput dari kegiatan pembalakan liar dan perambahan, terutama pada masa akses terbuka (antara akhir IUPHHK-HA / HPH sampai dengan izin IUPHHK-RE).

   Wilayah kerja PT ABT juga merupakan tempat tinggal penduduk asli Jambi tradisional, antara lain: Suku Anak Dalam, Talang Mamak, dan Melayu Kuno. Beberapa komunitas dari ketiga suku tersebut tinggal di wilayah kerja PT ABT dan beberapa tinggal di sekitar area kerja perusahaan namun memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap hutan di wilayah kerja perusahaan. Keberadaan mereka diharapkan konsisten dengan tujuan restorasi ekosistem, meski fakta saat ini menunjukkan tren balik. Kompleksitas masalah sosial di tingkat lokasi area kerja PT ABT selama dekade terakhir lebih tinggi karena masuknya orang luar dari luar provinsi untuk mendapatkan peluang bisnis, pembukaan lahan perkebunan di kawasan hutan. Kondisi ini menjadi salah satu tantangan utama bagi PT ABT dalam mengelola hutan untuk restorasi ekosistem. Di sisi lain, PT ABT juga diharuskan untuk dapat melakukan kegiatan usaha berdasarkan hasil hutan bukan kayu, jasa lingkungan dan / atau pemanfaatan kawasan. Dalam kerangka ini PT ABT telah melakukan eksplorasi, persiapan dan upaya pendahuluan lainnya sehingga memiliki desain proses bisnis yang siap diimplementasikan.

PT Alam Bukit Tigapuluh adalah pelaksana terbaik dan inovatif serta pemulihan ekosistem hutan tropis berdasarkan dukungan dan kerjasama yang baik dari para pemangku kepentingan dan meninggalkan referensi utama sebagai pengelolaan ekosistem hutan yang berhasil di Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan oleh PT. Alam Bukit Tigapuluh adalah:

– Berhasil memulihkan dan melestarikan ekosistem hutan di dalam kawasan konsesi restorasi ekosistem, termasuk nilai keanekaragaman hayati, fungsi daerah aliran sungai dan cadangan karbon;

– Berhasil membangun kerjasama dengan masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan konsesi dalam memberikan restorasi dan pelestarian ekosistem, mendorong peluang pertumbuhan, lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi masyarakat;

– Berhasil berkoordinasi, berkolaborasi dan menjalin hubungan dengan pemangku kepentingan mengenai integritas kawasan konsesi restorasi ekosistem dan zona penyangga dalam pengelolaan kawasan restorasi secara berkelanjutan;

– Kesuksesan berkontribusi terhadap peningkatan kesadaran publik, sains, kebijakan dan peraturan pemerintah, dan pelaksanaan pengelolaan restorasi ekosistem di Indonesia dan berfungsi sebagai anggota asosiasi pemegang konsesi restorasi ekosistem yang terkemuka.

Tujuan strategis kegiatan restorasi PT ABT untuk RKUPHHK-RE KE-I (Tahun 2016 – 2025) adalah:
– Melaksanakan perencanaan menyeluruh di seluruh area restorasi seluas 38.665 Ha. Melaksanakan kegiatan pemulihan dan perlindungan keanekaragaman hayati melalui rehabilitasi, penanaman, pengayaan pohon asli setempat dan pemeliharaan dan perlindungan, perlindungan dan keamanan semua area restorasi (termasuk daerah aliran sungai) untuk mencapai keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan pengelolaan hutan produksi yang lestari.
– Melaksanakan kegiatan pengelolaan berkelanjutan dan berkelanjutan, mengolah dan memasarkan potensi hasil hutan bukan kayu di dalam kawasan konsesi restorasi ekosistem dan dari desa sekitarnya, menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan masyarakat di dalam dan di sekitar area kerja PT Alam Bukit Tigapuluh.
– Melakukan kerjasama yang baik dengan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan konsesi untuk menciptakan kondisi hutan ekosistem yang seimbang antara kepentingan ekologis, ekonomi dan sosial. Seiring dengan pengelolaan ekosistem yang seimbang akan memberi kesempatan kerja kepada masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran.
– Berkolaborasi, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan pengelolaan zona restorasi dan penyangga ekosistem yang efektif dan dipercepat dan menjaga hubungan yang berkelanjutan.
– Berusahalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, ilmu kebijakan dan peraturan pemerintah, pelaksanaan pengelolaan restorasi ekosistem di Indonesia. Sebagai pemegang konsesi, dia berperan sebagai anggota terkemuka dari asosiasi pemegang konsesi restorasi ekosistem.

IKUT BERKONTRIBUSI BERSAMA.

Ikutlah berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan hutan dan alam Indonesia, dengan :

DONASI

Ikut ambil bagian dalam menjaga hutan dan alam Indonesia!

Mari Berdonasi!

Hubungi kami untuk berdonasi dengan menekan tombol dibawah ini.

Kontak

BULETIN

Bagi kalian yang ingin menyampaikan segala aspirasi dalam bentuk tulisan.

Mari Menulis!

Kirim tulisan terbaikmu, ke e-mail buletin kami.

Kontak

IKLAN

Bukan hanya berdonasi, kalian juga bisa ber-iklan di buletin kami untuk ikut berkontribusi.

Mari Ber-Iklan!

Untuk info mengenai iklan, bisa langsung hubungi kami melalui halaman kontak.

Kontak

DATA REFERENSI.

Berikut adalah kumpulan data referensi yang bisa digunakan sebagai alat pembelajaran.

Data Referensi

PIMPINAN.

DODY RUKMAN
DODY RUKMANDirektur

TETAP TERHUBUNG
BERSAMA KAMI.

KONTAK

PT Alam Bukit Tigapuluh

Perusahaan restorasi ekosistem yang melindungi spesies yang terancam punah dan membangun kemitraan dengan komunitas lokal di hutan bukit 30 sejak Juli 2015

Post Terbaru Instagram

PT Alam Bukit Tigapuluh

KONTAK

  • Jl. Ks. Tubun No.290, Simpang IV Sipin, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361
  • 0741-3072696
  • admin@alambukit30.com
EnglishIndonesia